Saturday, March 20, 2010

SUP CEKER AYAM

Sabtu pagi. Seperti biasa Ica kecil sudah bangun duluan pagi-pagi sekali, demi ingin main bersama kakaknya. Dia hapal sekali kapan waktu libur, karena bila hari libur seperti sabtu dan minggu, Ica dan Fia tidak perlu bangun dan berangkat pagi-pagi ke sekolah. Seringnya sepagian dari subuh sampe sekitar pukul tujuh mereka bermain berdua di kamar.

Jadi sewaktu Ica berdiri di pintu kamarku, rasanya aku ingin tidur lagi malahan,karena kepala dan badan terasa berat sekali. Wah, ini rupanya gejala flu sudah dekat sekali. Si papa sudah dari kemarin sentrap sentrup, mengeluh kurang enak badan, karena gejala flu juga. Ini kalau tidak segera ditanggulangi, rasanya bisa mewabah sampai minggu depan, serumah. Sementara Fia sudah harus UTS di Senin depan ini.

So later after morning breakfast, bubur ayam, aku memutuskan untuk ke pasar sebentar mencari ayam. Semangkuk sup ayam hangat untuk semua, rasanya akan membuat badan menjadi lebih enakan..

Sampai di pasar, wow, ada setumpuk ceker ayam belongs to no one. So, melengkapi belanjaku pagi tadi, aku memutuskan untuk membelinya. Seribu tiga, so lima ribu cukuplah.

Sampai di rumah, niat membuat sup ayam aku ganti menjadi sup ceker saja. Rasanya pasti nikmat. Tak lama, sup itu pun siap. Aku menawarkan pada tiga kesayanganku, eh la kok mau. Padahal baru saja sarapan. Okelah kalau begitu. Yuk mari kita sikat habis.. Daaan, dalam setengah jam, sudah setumpuk tulang ceker tersisa.







Dan ini dia resepnya bila ada yang berkenan…

SUP CEKER AYAM

15 buah ceker ayam, bersihkan, potong jadi dua bagian
5 siung bawang merah, kupas, biarkan bulat
1 buah bawang Bombay, iris kotak2 kecil.
3 buah wortel ukuran sedang, kerik kulitnya, potong bulat-bulat
1 ltr air
Garam gula merica secukupnya

How to :

Panaskan air sampai mendidih, kemudian masukkan ceker yang sudah dicuci bersih ke dalamnya. Tutup pancinya agar uapnya tidak keluar, membuat aromanya akan semakin tajam. Cukup gunakan api sedang.

Siapkan potongan wortel dan bawang bombay.
Ketika rebusan ceker sudah mendidih, masukkan wortel. Tunggu sampai mendidih, masukkan bawang Bombay.
Masukkan bawang merah. Biarkan sampai mendidih sebentar.
Masukkan gula, garam dan merica. Tambahkan sedikit kecap asin bila kurang mantaps.

Terakhir, didihkan semuanya. Beri taburan seledri dan bawang goreng ketika akan disajikan.




Oya, untuk membuat cepat empuk dan lebih nikmat, aku selalu menutup panci setelah memasukkan semua bahan. Last, ketika tutup dibuka, aromanya akan terasa begitu memikat…









Just wish it would be useful for everyone...
wind

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails